Tentang Alkisah

Riomotret bekerja sama dengan Galeri Indonesia Kaya dan Grand Indonesia, mempersembahkan sebuah kolaborasi di dunia seni dan fashion yang mengangkat kembali dongeng dan legenda Indonesia, dikemas dalam sebuah pameran foto bertajuk “Alkisah”. Pameran foto yang mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia ini melibatkan seratus pekerja seni mulai dari kalangan selebritis, desainer, dan stylist. Pameran foto ini akan berlangsung di Atrium East Mall Grand Indonesia mulai dari 10 Agustus hingga 23 Agustus 2015 mendatang.

Ide Alkisah muncul ketika Rio sadar bahwa banyak sekali dongeng luar negeri yang mampu bertahan dari generasi ke generasi. Hal itu menginspirasi Rio yang optimis bahwa dengan langkah dan pendekatan yang tepat, cerita rakyat Indonesia dapat bertahan dan tetap menarik untuk generasi-generasi mendatang. Didasari dengan kepercayaan tersebut, Rio membuat sebuah pameran foto Alkisah sebagai salah satu sarana pengenalan budaya Indonesia.

Proyek pameran foto yang juga dijadikan sebagai momen penyambutan hari kemerdekaan Indonesia dan juga bentuk apresiasi terhadap Rio yang telah berkarya selama 10 tahun di tanah air. Berbekal pertemanan yang kuat dengan para selebritis dan pelaku seni, Rio berhasil memotivasi lebih dari 60 selebritis ternama, 15 desainer Indonesia , dan puluhan pengarah gaya dan juga penata rias untuk bekerjasama dalam merealisasikan 17 cerita rakyat yang diangkat.

Proses pemotretan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli 2015 ini berisikan cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah seperti, Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jawa Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah Bawang Putih dari Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari Jawa Timur, Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan juga Rara Mendut dari Jawa Timur.

Kontribusi dari seratus pekerja seni dan selebritis yang terlibat dalam pameran foto Alkisah ini adalah salah satu bentuk kolaborasi yang luar biasa dalam memajukan dan memperkenalkan kebudayaan kita. Dibalut dengan ide-ide kreatif dari Ari Tulang yang bertindak sebagai Show Director membuat pameran ini begitu megah dan modern, namun tanpa meninggalkan citra dan esensi kebudayaan Indonesia di dalamnya.

Proyek Alkisah tak hanya memamerkan kepiawaian Rio Motret sebagai fotografer kreatif, tetapi juga para pekerja seni terutama desainer mode dengan bentuk instalasi patung di sepanjang Skybridge yang menampilkan baju-baju karya para desainer yang terlibat dalam Alkisah.